Senin, 22 Agustus 2011

MENGENAL KANKER




Kanker atau disebut juga neoplasma adalah suatu penyakit pertumbuhan sel karena pada organ tubuh timbul dan berkembang biak sel-sel baru yang tumbuh tidak normal dan tidak terkendali dengan bentuk, sifat dan gerakan yang berbeda dari sel asalnya, serta bersifat merusak bentuk dan fungsi organ asalnya.
Sel kanker akan terus membelah diri tak terkendali karena tidak lagi memenuhi hukum-hukum pembiakan sel normal.
Bila pertumbuhan ini tidak cepat dihentikan, sel kanker akan menyusup ke jaringan sekitarnya dan membuat anak sebar (metastatis) ke tempat yang lebih jauh melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Di tempat yang baru anak sebar akan tumbuh menjadi kanker dengan sifat yang sama dengan kanker induknya.

Apabila proses penyebaran sel kanker telah menyebar kebeberapa organ tubuh penting, makakematian adalah akibatnya.
Hingga sekarang penyebab utama kanker belum diketahui secara pasti oleh para ahli. Namun ada beberapa faktor yang diakui dapat mempengaruhi atau memicu tumbuhnya sel kanker.
1. Keturunan
Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa wanita yang salah satu anggota keluarganya menderita kanker, memiliki resiko 1,5 – 3 kali lebih tinggi terkena kanker.
2. Usia
Usia di atas 50 tahun memiliki resiko yang lebih tinggi terkena kanker dibanding usia yang lebih muda.
3. Makanan
Makanan berlemak dan berprotein tinggi tetapi rendah serat, makanan yang dibakar, makanan yang diasinkan dan diawetkan bisa menjadi pemicu timbulnya kanker.
4. Bahan Kimia
Bahan kimia yang dapat menjadi pemicu kanker adalah gas limbah dari kendaraan bermotor, pabrik dan rumah tangga, zat pengawet, zat pewarna, alcohol dan obat anti metabolit.
5. Pola hidup yang tidak sehat
Kebiasaan merokok secara berlebihan dan berganti pasangan dapat memperbesar resiko timbulnya kanker.
6. Virus
Beberapa virus tertentu dapat menimbulkan kanker seperti virus hepatitis B dan C.

Kanker tumbuh dan terbentuk dalam jangka waktu yang lama, bahkan bertahun-tahun. Ini berarti pertumbuhan dan penyebaran nya dapat dicegah. Pencegahan kanker dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan menghindari makanan yang mengandung zat karsinogen.
Beberapa jenis kanker yang dikenal dewasa ini, diantaranya :
1. Kanker RAHIM
2. Kanker ENDOMETRIUM
3. Kanker OVARIUM (Indung Telur)
4. Kanker VAGINA
5. Kanker PAYUDARA
6. Kanker PROSTAT
7. Kanker TESTIS
8. Kanker TIROID
9. Kanker HATI
10. Kanker PARU
11. Kanker TULANG
12. Kanker KULIT
13. Kanker KOLOREKTAL
14. KISTA
15. MIOMA

Tak kenal maka tak sayang, demikian pula terhadap kanker, bila kita tidak mengetahui tentang kanker ini, kita tidak menyadari keberadaannya dalam diri kita maupun keluarga tercinta. Karena bagaimanapun dengan deteksi dini dan mengetahui tentang pencegahannya maka kita selangkah lebih maju, sehingga bila terdeteksi awal kemungkinan penyembuhan semakin besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar